SKRIPSI TIADA AKHIR + PEMBIMBING RESEEK PART 1

02:58


Attention : Perhatian-perhatian tulisan ini sangat gajelas dan bakalan panjang banget hampir menyerupai cerpen. Jangan e'e dicelana ya guys abis baca tulisan sampah gue ini. Ini adalah kisah nyata dibalik lika-liku mahasiswi semester akhir~ dudududu~

Hi Guys~


Kali ini gue mau curhat, gue menulis ini lagi dalam keadaan emosi, gue lagi kesel, gue murka, gue benci sama dosen pembimbing gue tepatnya dosbing kedua gue. Fyi, gue ini mahasiswa tingkat akhir yang lagi skripsian. Yup, tinggal skripsi doang dan gue udah ga ambil mata kuliah lain lagi di semester 9 ini. Terserah deh lo mau bilang gue bego atau gimana. Percaya atau gak katanya dikampus gue kalo bisa lulus 3,5 tahun itu dewa banget (rare), 4 tahun cepet, 4,5-5 tahun sih katanya masih terbilang normal.

AKU RAPOPO
Ah oke gue bukan ngebahas tentang itu tapi tentang skripsi gue. Gue sebenernya udh acc judul tuh pas awal semester 8 tepatnya bulan Maret. Iya gue tau, seharusnya kalau gue udh acc bulan maret (gue nulis ini akhir desember) normalnya gue udh lulus terus wisuda kan....tapi sayang gue BELUM, gue masih berkutat di BAB1 HAHA *ngetawaindirisendiri* *kemudiannangis*
Sebelumnya gue mau cerita kalau gue ngajuin judul 4x dan yang kelima ini (judul gue sekarang) yang di acc. Pas tau gue acc gue sumpah happy bukan kepalang gue langsung ngurus ke SBA tuh bikin surat ini itu buat dosbing 1 dan dosbing 2 yang birokrasinya super ribet kala itu. Gue jalanin semuanya dengan happy awalnya, tanpa gue tau dosbing gue itu siapa, pokoknya yang penting gue acc aja (belum mikirin gimana ngerjain kedepannya lol). Gue ga nyeritain dosbing satu gue karena sampe saat ini gue masih belum ngasih draft bab1 gue karena kehalang dosbing 2 itu (fck!) tapi setau gue dia orangnya ramah. Yang gue mau gue ceritain adalah dosbing 2 gue ini. Oiya fyi di jurusan gue tuh ada 3 jenis tugas akhir yaitu Skripsi, Stukas, sama Memorandum Hukum (yang ini ga gue bahas ya karena gue gatau lol). Tugas Akhir tersebut sidangnya ada dua tahap, pertama namanya sidang Usulan Penelitian atau biasa disebut sidang UP yang mempresentasikan Bab 1 kita (kalau lo ambil skripsi) nah kalau lo ambil Stukas sidangnya langsung Bab1-3. Nah sidang kedua yaitu Sidang Akhir tuh sisanya yaitu bab 2-5 (kalo skripsi), 4-5 (kalo stukas), dan tak lupa ada yang namanya Sidang Kompre yang udah pasti yang paling ditakutin oleh seluruh mahasiswa. 

Ah gue kepanjangan jelasin jadi balik ke skripsi gue yah, jadinya tuh gue masih stuck di Bab1. Sebenernya gue tidak menyalahkan dosbing 2 gue ini 100% yah karena pada awalnya gue yang males. Gue selalu menunda-nunda ngerjain skripsi disaat gue punya waktu luang. Bayangin dari bulan maret lho haha. Bulan Maret s/d Juli gue gak ngerjain apa-apa bayangin. Tapi emang kala itu gue lagi ambil mata kuliah di semester 8 jadi agak terbengkalai ditambah kepotong liburan semester jadinya tambah lama. Pada bulan Juli akhirnya gue berniat buat outline atau semacam sistematika penulisan gitu yang isinya lo mau nulis apa dari bab1-bab5 di skripsi lo itu. Gue buat kan, terus gue kasih unjuk ke dosbing satu (selanjutnya gue sebut ibu1), ibu 1 nyuruh gue perbaikin lagi karena Identifikasi Masalahnya substansinya sama gitu (jadi gue ada 2 permasalahan, tapi kata ibunya jawaban dua permasalahan tersebut sebenernya sama) dan jangan masukin yang gapenting. Kemudian si ibu 1 ini nyuruh gue langsung aja ke dosbing dua (selanjutnya gue sebut ibu 2) untuk perbaiki terus ketemu ibu 1 lagi kalau draft UP/draft BAB1 udah beres. 

GAPAHAM LAGI
Gue perbaikin tuh si outline sebisa gue. Asli si ibu 1 gak ngasih gue pencerahan, dia cuman nyuruh gue ganti terus langsung ke ibu 2, kan pusing gue. Sejujurnya judul gue ini, gue ga nyangka bakal di acc jadinya gue bingung  belum paham banget tapi ya mau gamau kan ya. Lanjut, terus gue kasih outline ke ibu 2 tuh (1 minggu kemudiannya kalau gasalah ). You know what, gue dimaki-maki di depan umum katanya identifikasi masalah gue itu ngaco dan yang gue tulis adalah "Pertanyaan Bodoh" . Pertanyaan bodoh itu dalam segi pemilihan kata dalam bahasa indonesia maksutnya, iya gue tau gue gede di jepang jadi bahasa indonesia gue galancar #plak #sumpahiniboong #janganbilangadayangpercaya #skip . Tapi emang iya gue ini gabisa bahasa indonesia (terus daritadi gue nulis pake bahasa apa). Jadi maksutnya tuh gue suka salah nyusun kalimat pake bahasa formal gitu, sumpah ini bodoh tapi ini nyata HAHA. Seinget gue, gue naro kata "Apakah" di Identifikasi Masalah gue, terus dia marahin gue karena kalau bikin pertanyaan "Apakah" itu di Bab4 gue mau nulis apa karena kalau apakah itu pasti jawabnya singat ya atau tidak gabisa dijabarin. Ibu 2 nyuruh gue ganti jadi "Bagaimanakah", dsb deh. Kesan pertama gue bimbingan sama dia itu..... "OMG, MATI GUE, GALAK NJIR DOSBING GUE"

Pokoknya gue ada kali 3x bimbingan cuman outline doang disalahin terus (tapi emang gue yang salah sih, gue gak ngelak). Jadi tuh gue belum nemu titik terang, dan akhirnya saking hopeless nya gue balik lagi ke ibu 1 buat nanya enaknya gimana. Saking lamanya gue ga ketemu si ibu 1 sampe lupa gue siapa coba :'D. Akhirnya si ibu 1 ini ngebantu gue dan gue menemukan titik terang (sumpah kenapa gadari awal aja njir lo kasih tau gue bu 1). Akhirnya si ibu 2 ngebolehin gue ngerjain bab1. Gue ngasih bab 1 itu bulan september kalau gasalah dan bab 1 gue dibantai habis sama si ibu 2 HAHA. Si ibu 2 ini emang merangkap jadi dosen bahasa indo jadinya teliti bukan main. Masih dilanda kemalasan, gue baru nyerahin revisi pertama sebulan kemudian. Si ibu 2 marah besar sama gue, katanya gue kemana aja sebulan ini. Gue cuman bisa tersenyum manja haha. Oiya alasan kenapa gue lama banget ngasih revisi itu karena sejujurnya gue takut sama dia, gue trauma dimarahin didepan umum. Waktu itu pernah pas gue kasih Draft bab1, dia nanya gue "Kamu yakin bisa ngerjain ini" terus gue jawab "Insya Allah bu" (yakali gue bakal jawab "Bisalah bu, itumah gampang saya sehari juga beres"). Dan lo tau responnya apa? "Jangan Insya Allah, Insya Allah. ini emang bab 4 mau diisi apa kalau kayak gini hasilnya". Dan yang bikin gue sebel adalah itu didepan umum, dan ada 2 orang yang lagi bimbingan juga sama si ibu 2 ini disebelah gue. Mereka ngeliat gue gaenak. Gue Malu. Temen gue yang nganter gue bimbingan pun kasian ngeliat gue :).

Bulan oktober akhir gue ngasih revisi 2, seperti kemaren gue dimarahin sama dia karena lama. Tapi gue ngeliat revisi dua gue ini better lah tinggal dipoles2 lagi. November gue ngasih revisi 3 ke dia. Dan lo tau revisian gue makeeeeen buanyaaaaak, itu kertas dilipet2 macem origami. Tapi yang revisi 3 ini gue yang salah, gue ga teliti. Jadi gini ceritanya, gue kan kebetulan kala itu nginep dikosan temen gue. Gue numpang ngeprint di dia. Jadi gue kirim skripsi gue dari email gue ke dia untuk ngeprint di laptop dia (gue gabawa laptop). Gue pikir udh perfect lah, gue udah ngikutin yang dia suruh. Gataunya....microsoft word laptop temen gue itu versinya lebih rendah dari di laptop gue. Jadi tulisan yang gue udah susun rapih2 di laptop gue sebelumnya buyaaar semua. Jadi beberapa paragraf hurufnya ada yang nyatu-nyatu gitu dan margin banyak yang ngaco, sumpah ancur banget. Begonya gue, gue gameriksa ulang hasil revisi 3 yang udh gue print. Jadi hasilnya Wasallam. Tapi salahnya cuman masalah redaksi semacam typo huruf kapital bla2, isi udh OK.

Ekspresi gue persis kayak gini pas liat revisi 4

Nah pertengahan desember gue ngasih revisi 4 (ngasih 18-20 desember, baru gue ambil revisiannya 29 desember) berharap udh acc nih. Dan ternyata masih belum dongs :D. Dan lo tau, apa yang tertulis di revisi 4 gue? "Jepitan kertasnya kegedean menyulitkan mengoreksi" "Pakai penjepit yang wajar". Reaksi gue pas liat itu adalah senyum miris....sebel....gue bahkan gatau mau sumpah serapahin dia apalagi saking seringnya. Lo tau gak, selama ini gue ngasih draft bab1 itu pake jepit kertas yang itu lho, kenapa baru dipermasalahin sekarang. Kesel? Iya, BANGET!. Revisi empat gue udh dikit banget tinggal si penjepit kertas gapenting itu, ada satu kata yang typo "selanjutnya" gue nulis disana "selanjutanya", sama huruf gede kecil gitu dua kata "perundang-undangan" gue tulisnya "Perundang-undangan" terus harusnya "Peneliti" gue nulisnya "peneliti" , ngapus dua kata gapenting yaitu "Pada" dan "Skripsi". Iya...cuman itu doang. Cuman karena itu doang gue belon acc. Ya emang sih suatu penelitian harus perfect, tapi gagitu juga. Gue denger2 cerita bimbingan temen gue ga gini-gini amat. Bahkan si dosbing nya bilang "Ah yang kayak gini mah diperbaiki nanti aja, kamu saya acc". Sumpah gue iri lahir batin. Gue rencananya mau ngasih revisi 5 sebelum tahun baru (gue nulis ini tanggal 30 des 15) semoga bisa acc deh. Dan gue bisa sidang pertama bulan januari karena target gue wisuda mei jadi gue harus udh sidang akhir itu maksimal april (Bismillah). Doain yeah~

GUE PASRAHHHH, PASRAH BRAYYY
Jadi inti dari tulisan ini tuh. Bagi lo mahasiswa tingkat akhir yang lagi nyusun, pls banget banget banget jangan males~ jangan contoh gue! gue aja sekarang nyesel banget gak langsung gue kerjain dari pas udah di acc. giliran gue mau serius si ibu 2 nya malah ogah-ogahan. Mungkin kalau gue tekun sejak semester 8 pas judul gue di acc bulan maret lalu, gue bakal bahas topik skripsi di blog gue ini dengan suasana yang lebih membahagiakan kali yak dengan gelar sarjana gue. Seperti yang gue bilang sebelumnya, gue ga menyalahkan si ibu 2 ini sepenuhnya, karena gue yang salah, gue yang pada awalnya males-malesan. Tapi si ibu 2 gue juga gabisa bilang dia ngebantu juga. Yang ngerasain gondok ke ibu 2 bukan cuman gue doang, bahkan temen gue ada yang 12x revisi sama dia bab 1 nya padahal sumpah dia pinter banget, ada junior gue yang dipermasalahin karena jepitan kertas juga, temen gue yang tadinya metode penelitiannya gadisentuh pas revisi 4 disentuh lagi dan ada lah permasalahan yang lain pokoknya si ibu moodnya itu up and down. Kalau lo ketemu kadang ganas, kadang lumayan baik. Fyi, bimbingan sama si ibu 2 itu bisa 1-3 minggu sekali, siklusnya misalnya lo sms dia minta ketemu, nunggu dia bales sms aja bisa semingguan, terus isi sms dia tuh biasanya "besok ketemu ibu jam 11.30 di jonggol", dan dia ngasih hasil koreksian bisa 1-2 mingguan lagi lho haha. Ya kalian bisa nilai sendiri kan kenapa walaupun gue udah serius tetep LAMA. Kalian yang punya dosbing yang bisa ditemui 1 minggu beberapa kali itu super beruntung lho~ harus bersyukur :D.  

Oiya ngomongin keadaan gue saat ini, gue sih Alhamdulillah udah santai menghadapi si ibu 2 :D. Fyi semenjak revisi 2 s/d sekarang gue gapernah kena omel si ibu 2 lagi, cuman yang gue gasuka dari ibu 2 itu susah untuk diajak ketemunya itu lho. Sekarang sih gue cuman bisa pasrah dan usaha. Gue mikir  ini emang udah jalannya. Berarti emang Allah belum mengijinkan gue untuk lulus tahun ini, tapi gue yakin semua di dunia ini pasti ada hikmahnya dan udah diatur sama Allah. Ini adalah kesalahan gue, dan gue harus mempertanggungjawabkan itu. Hahaha klise sih tapi yaudahlah kalau gue emosi dan terus benci sama dia skripsi gue juga gabakalan beres juga (walaupun gue terkadang masih suka ngutuk dia sih lol). Kesuksesan skripsi salah satunya ada ditangan pembimbing? Yap, bener banget! Pembimbing itu hoki2an, lo dapet siapa Hadapin jangan terperangkap sama rasa ketakutan lo!!!! 

Update Tuesday, 26/01/2016
draft bab1 gue udah di acc ibu 2 sekarang gue lagi mulai bimbingan di ibu 1. pertama kali ketemu ibu 1 sumpah super baik dan jelas ngejelasin salahnya dimana. revisian gue masih banyak dari ibu 1 tapi cuman ngapus-ngapusin kalimat/kata yang ga penting, judul gue dibenerin dikit (diperluas gitu), dan juga ngejelasin kalimat-kalimat yang gajelas dan rancu. walaupun pas mau ketemu sempet ketunda karena si ibu abis jatuh gitu katanya. gue mau ngerjain revisian asap supaya bisa gue kasih lagi segera~

Update Wednesday, 17/02/2016
Gue udah ACC dari ibu 1 tanggal 11 Februari hari kamis lalu~ Yoshaa~ Tapi perjuangan gasampe disitu. Daftar sidang di kampus gue gasemudah ngupil sambil merem. Gue harus ttd dosbing 1 dan dosbing 2 lah ke kepala departemen lah ini itulah, duh pokoknya ribeta maribela #apasihgue . Pada hari ini gue nulis update-an ini gue masih nunggu ttd kepala departemen. besok gue mau ambil terus ambil transkrip nilai sementara terus naro ke SBA deh. Yang bikin gue nyesek adalah semester ini yang daftar sidang UP (sidang BAB1) itu ada 80-100 orang. Mau meninggal gue liat angka itu. Pasrah deh gue dapet kapan. Kayaknya wisuda bulan MEI udah gak ada harapan HAHA.  

Update Wednesday, 17/03/2016
I'm in trouble. Gue udah udah dapet tanggal sidang yaitu 23 Maret 2016 tapi masih banyak cobaan yang gue harus lewatin. Pertama, gue HAMPIR kelewatan sidang. Ceritanya dikampus gue tuh kalau udah dapet tanggal sidang tar kita nyebar undangan + berkas bab1 + tanda tangan surat tanda terima ke 2 orang pembimbing dan 2 orang penguji. Biasanya pihak SBA (Tata usaha) H-7 sidang itu SMS kita kalau undangan sidang (untuk dospem dan penguji) bisa diambil di kampus. Tapi udah sebulan gue nunggu (lo bisa baca update gue bulan lalu tuh diatas), gue belum dapet sms dari SBA. Tepatnya hari selasa tanggal 15/03/2016 gue di LINE temen gue kalau gue sidang hari Rabu 23/03/2016 dan dia liat undangan gue di SBA. Gue Shock dong, gue ga ngerasa di SMS, langsung deh gue tanya-tanya temen gue. Temen gue juga sidang di tanggal itu dan ternyata dia juga ga di sms sama SBA nya. Hari rabu 16/03/2016 gue langsung ke Bandung dari Jakarta buat ngambil undangan sidang kan. Dan ternyata emang beneran undangan gue ada disitu. Gue tanya kan sama SBA kenapa kok saya ga di SMS buat ambil undangan. Eh...lo tau dia bilang apa "Mustinya neng cek dong kesini tiap hari, mungkin kelewat neng soalnya yg Sidang UP banyak sekarang". Gue ga ngerti lagi kalau temen gue ga LINE gue kemaren, gue pasti udah keenakan di Jakarta males2an sedangkan seharusnya saat itu gue sidang. ASLI GAKEBAYANG. Tapi gatau kenapa si bapak SBA itu gue tau orangnya baik, jadi gue gabisa marah ke dia #huh . Masalah gue ga sampai situ aja. Ini Masalah PEMBIMBING SATU gue yaitu IBU 1. Gue liat si IBU 1 ga ada namanya di undangan gue. Dan gue baru tau kalau si Ibu1 sekarang pensiun dan gabisa ngajar, bimbingan, sama nguji. Karena itulah namanya kosong di undangan DAN GUE HARUS GANTI PEMBIMBING SATU. Mau mati gak. Udah gue skripsi 1 tahun gakelar-kelar, udah mau sidang awal, eh pembimbing yang baiknya harus diganti.

nih buat kalian yang menganut no pic = hoax :(
Sumpah kelar idup gue sekarang. Gue nanya SBA yang mengurusi bidang sidang menyidang kan (?) kok bisa gitu. Dan gue disuruh tanya ketua jurusan gue, dan gue diomelin kenapa sebelum daftar sidang ga ganti pembimbing dulu (fck ye mana gue tau lah.....orang gue nungguin panggilan sidang dari rumah dan gak ke kampus2 lagi). Sebenernya sih dengan 1 pembimbing dan 2 penguji gue bisa sidang alias quorum tapi....kata bapak SBA yang mengurusi sidang menyidang itu lebih baik gue tanya ke ketua jurusan dulu. Hari ini gue mau ketemu sama ketua jurusan gue untuk tanya baiknya gimana dengan sidang gue apakah bisa quorum dan minta penggantian pembimbing segera. Semoga aja sih gue bisa tetep sidang awal dulu tanpa ditentuin pembimbing baru gue siapa, karena gue takutnya si pembimbing satu ini ngerombak ulang bahkan sampai Identifikasi Masalahnya dan gue gabisa sidang huhu. Gue gapapa deh kalau dirombak after sidang awal, seenggaknya ya gue udh one step closer lah ga gabut2 amat maksutnya. Bismillah deh. Semoga gue bisa menghadapi cobaan skripsi ini :'(.

Update Monday, 21/03/2016
H-2 sidang hoaaaa super deg2an! btw gue mau ngasih tau kalau gue masih bisa sidang dan ibu 1 gue diganti sama bapak 1 (alias bapak2). tadinya gue udah gaboleh sidang karena harusnya gue ngurus ganti pembimbing sebelum daftar sidang. fyi bapak 1 ini adalah wakil ketua jurusan gue dan pas ketemu sih doi super baik (gatau sih selanjutnya semoga aja seterusnya baik). ya semoga semuanya baik-baik saja deh. sampai jumpa dipostingan selanjutnya pas gue kelar UP :D~




Kenali dosen pembimbing lo
kayak misalnya dia lebih suka dihubungin via mana? telepon doang kah, sms doang kah, atau mungkin via line atau whatsapp?, kepoin jadwal ngajar dia, suka dan gasuka sama hal apa kayak misalnya dosen lo orangnya perfeksionis banget gasuka orang telat, ingkar kayak lo sms dia terus lo gadateng, gasuka bimbingan sering2 maunya seminggu sekali terus suka dikasih hadiah atau apalah tanya sama temen atau senior yang satu sebimbingan sama dia dan minta tips2.

Jangan Gugup dan Berprilakulah 3S (Santai Sopan Serius)
lo deg2an banget nih mau bimbingan pertama? ya gue tau lo takut karena dosbing lo terkenal killer (kayak ibu 2 gue ini) tapi lo pikir lagi deh, ini skripsi cuman sekali seumur hidup jangan buang waktu lo dengan hal yang gaguna dan menghambat kelulusan lo. menunda skripsi = menunda menikah guys hahaha. Terus kalo ketemu jangan kaku banget kayak kerah seragam baru, santai aja bercanda-canda dikit tanpa mengurangi kesopanan juga. Pengalaman gue, mahasiswa/i yang gugup bahkan sampai gagap ketemu dosbing (terlebih kayak karakter dosbing gue) itu malah jadi santapan empuk buat dibully. Bahkan kalo bisa lo sksd aja sama dosen lo (tapi yang natural dan gak maksa). Temen gue sama dosbingnya aja sampe ada yang bilang "say" lho xD

Join grup yang satu bimbingan
ini lumayan membantu tapi kalau gak juga masalah karena kan kalau lo mau bimbingan pasti lo kan yang sms personal gabisa temen lo yang sms eh terus lo nimbrung, big no no~ (kalau si ibu 2 gue gasuka gitu soalnya haha). keuntungannya kita bisa tahu info2 terbaru tentang jejak si dosen dan juga sharing tentang gaya bimbingannya ibu. gaya bebas kek, gaya punggung kek, apa doggystyle mungkin (?) #jayus  
Mengerti apa yang mau lo teliti
nah ini penting, kalo lo gangerti lo mau nulis apa? bagi yang kejebak yaitu asal2 ngajuin judul yang penting acc (kayak gue), coba lo perdalam lagi deh, kalo gangerti coba lo tanya temen/dosen lo. kalau lo orangnya susah untuk diskusi ramean (kayak gue) lo bisa juga belajar sendiri dari buku-buku/internet/skripsi dari perpus kampus atau kampus luar yang judulnya serupa. Soalnya kalo lo ditanya terus gangerti sama dosbing lo asem juga sih rasanya berasa orang paling stupid seantero. Kalaupun itu terjadi....jurus ampuh gue adalah senyum manja aja hahaha xD.

Persiapkan berkas yang ingin diserahkan
cek lagi revisian lo dengan benar brosis. lo bandingin revisian sebelumnya dan revisian baru lo udh ok belum. Hati-hati bagi manusia-manusia kurang modal yang hobinya ngeprint dikosan temen haha. Lo cek dulu microsot word temen lo versinya sama gak kayak punya lo, kalo punya lo versinya lebih baru terus masuk ke microsoft word versi lama punya temen lo, dijamin tulisan lo bakal ada yang ngaco2. Kan cape uga udah nulis cakep2 eh ternyata ancur gara2 bukan kesalahan kita melainkan salah microsoft wordnya....hal tersebut berlaku kalo lo suka ngeprint di warnet/tukang foto kopian.

Berusaha, Berdoa, minta dukungan Keluarga, Sahabat, dan Pacar
percaya ama gue, lo curhat masalah lo ke mereka aja tuh rasanya tuh plong banget. apalagi mereka yang berbaik hati ngerjain skripsi lo hahaha #sumpahinigamungkin #ngarepmampus


Ini aja sih cerpen curhatan tentang skripsi gue part 1 yang nanti bakal gue update sampe gue sidang bab1 atau biasa disebut sidang UP. Gue bakal bikin part 2 kalau gue udah sidang akhir kali ya. Kasian banget sih kalian yang nyasar kesini....kasian baca curhatan gajelas gue hahaha. Bagi yang lagi ngerjain tugas akhir kayak gue, gue doain semoga kalian dilancarkan~  

You Might Also Like

0 comments